MANFAAT DAN SKILL DALAM STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL

Pada masa kini, media sosial tidak dapat diabaikan. Media sosial adalah tempat dimana orang-orang menghabiskan sebagian besar waktunya. Menurut penelitian terbaru ini, orang-orang di Amerika Serikat akan memerika akun Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya 17 kali sehari, hal ini berarti setidaknya setiap kali mereka bangun, sebelum tidur,waktu istirahat, serta waktu makan akan dipergunakan untuk menggunakan media sosial. Media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai alat pembantu untuk pemasaran sebuah bisnis. Media sosial akan membantu Anda menghubungkan kepada banyak orang untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis Anda. Dengan adanya strategi pemasaran media sosial yang baik, akan memungkinkan Anda akan mendapatkan keuntungan lebih besar dan memiliki lebih banyak pelanggan potensial.

ALASAN MENGAPA ANDA MEMBUTUHKAN STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL

  • Media sosial adalah salah satu bagian penting untuk memperluas jaringan bisnis Anda. Forbes melaporkan adanya pengembalian investasi dalam jumlah besar yaitu sebesar 95%, dengan hampi 30% dari mereka yang melakukan strategi pemasaran dengan media sosial dapat melihat kemungkinan 150% pengembalian investasi.
  • Anda dapat mempromosikan diri dan bisnis Anda dengan media sosial. Media sosial dapat memperkenalkan diri dan bisni Anda kepada ribuan, puluhan, hingga jutaan orang. Hal ini secara tidak langsun dapat membantu membangun citra dan kesadaran kepada mereka bisnis Anda. Media sosial memudahkan dalam menyebarkan pesan dan berkomunikasi dengan orang lain dimana saja dan kapan saja.
  • Bagian penjualan juga dapat diuntungkan dengan adanya pemasaran melalui media sosial. Dengan adanya media sosial, bisnis Anda akan memungkinkan mendapatkan calon pembeli potensial yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan media sosial memberi peluang kepada Anda untuk memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai bisnis Anda dengan menyertakan foto atau video agar pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda.
  • Media sosial memberikan banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika di instagram ada dapat mengunggah foto atau video yang dapat ditambah dengan deskripsi produk Anda, di instagram juga menyediakan fitur Live yang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi langsung dengan pengikut Anda untuk memperkenalkan diri serta bisnis Anda.

KETERAMPILAN MEDIA SOSIAL YANG DIBUTUHKAN DI TAHUN 2017

  • Terorganisir
    Jika Anda tidak terorganisir dengan akun media sosial, maka bisnis Anda akan berantakan. Faktanya, Anda dapat mengetahui kapan bisnis Anda tidak terorganisir dengan melihat pada setiap postingan Anda. Sebagai contoh adalah konten yang Anda pos tidaklah konsisten. Anda harus membuat dan mengatur “Content Calendar” untuk akun media sosial dengan baik. Dengan membuat Content Calendar, Anda akan memiliki tanggal pasti kapan konten akan dirilis dan dapat berfokus pada tujuan yang ingin Anda capai. Merencanakan apa yang akan di posting pada medua sosial akan menyita waktu, dengan adanya Content Calendar dapat membantu Anda mengurangi waktu dan konten pada media sosial Anda lebih terorganisir.
  • Menganalisa
    Anda melakukan analisa terhadap akun media sosial Anda. Hal ini diperlukan karena membantu Anda mengetahui apa yang tidak atau sedang Anda kerjakan. Aplikasi Google Analytics dapat digunakan untuk melacak lalu lintas situs web dan melihat platform media sosial mana yang menghasilkan rujukan paling banyak. Untuk Instagram, analisa akun dapat mengunakan fitur tombol analytics yang merupakan bagian dari pengubah akun instagram biasa menjadi akun bisnis. Dengan menganalisa akun media sosial, dapat membantu Anda dalam melihat gaya postingan, hashtags yang mana yang paling sering digunakan dan berdampak positif kepada akun Anda.
  • Tepat waktu
    Saat ini kemungkinan setiap orang tidak hanya memiliki satu akun media sosial, kemungkinan mereka memiliki beberapa akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat dan Pinterest. Sering kali seseorang yang memulai bisnis dengan memanfaatkan media sosial mengalami kesulitan multitasking. Pastikan Anda mendapatkan notifikasi mengenai setiap akun media sosial yang Anda punya agar Anda dapat meresponnya dengan tepat waktu. Anda dapat menggunakan aplikasi Hootsuite sebagai alat penjadwalan media sosial dan aplikasi Trello sebagai alat manajemen proyek untuk media sosial Anda.
  • Menjadi sosial
    Mempunyai kemampuan sosial yang baik menjadi kunci utama agar dapat memaksimalkan media sosial sebagai tempat untuk memasarkan bisnis Anda. Anda harus dapat berkomunikasi dan memiliki kecakapan yang bagus untuk dapat menarik pelanggan dan membangun citra merek yang baik. Manfaatkanlah fitur-fitur yang telah disediakan oleh platform media sosial dengan baik seperti video content atau live streams.

Source : 

http://thinkcreativecollective.com/blog/2016/1/18/why-you-need-a-foolproof-social-media-marketing-strategy

http://www.thesocialbutterflygal.net/2017/01/four-social-media-skills-2017/

Leave a comment